Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Bersama Sekda Launching Integrasi Pelayanan Primer Berbasis Nasional

Jumat, 29 September 2023 | September 29, 2023 WIB Last Updated 2023-10-04T00:37:12Z


 Konsel, Anoatribun.com – Kementerian Kesehatan (Kemnkes) Republik Indonesia (RI) berupaya merevitalisasi program promotif dan preventif di layanan primer. Upaya ini diyakini mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara umum sesuai dengan tujuan transformasi sistem kesehatan pada pilar pertama.


Bupati Konawe Selatan, H Surunuddin Dangga ST MM dalam sambutannya mengatakan, kondisi saat ini belum semua masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah. Layanan yang ada belum berorientasi pada kebutuhan berdasarkan pada siklus kehidupan serta pelayanan kesehatan masih berorientasi pada upaya kuratif dibanding upaya promotif dan preventif.


“Ketersediaan tenaga kesehatan dan sarpras alat kesehatan belum dapat terpenuhi merata di semua puskesmas. Oleh karenanya di perlukan upaya untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat melalui perluasan jejaring layanan kesehatan primer yang komprehensif dan berkualitas kepada masyarakat,” jelas bupati dua periode ini.


Transformasi kesehatan, sambung Surunuddin, sebagai kebijakan kesehatan yang perlu dilaksanakan di tahun 2023 sebagai awal mula perubahan dalam meningkatkan pembangunan kesehatan masyarakat.


“Saya berharap kita semua dapat menyukseskan program nasional ini khusunya di Kabupaten Konawe Selatan,” sambut Surunuddin.


Senada dengan itu, Ketua satgas GERSS, Hj ST Chadidjah mengatakan, pelayanan kesehatan sekarang ini difokuskan ke arah pencegahan. kehadiran dan partisipasi kita sangat dibutuhkan dalam mendukung peran profesional Posyandu dan Satgas dalam implementasi integrasi layanan primer di Kabupaten Konawe Selatan.


“Pokjanal Posyandu Kabupaten Konawe Selatan dibentuk untuk memfasilitasi Pembina memantau dan mengawasi kegiatan Posyandu yang dilaksanakan di masing-masing desa di Kecamatan. sehingga memerlukan keterlibatan dan kerjasama dari semua pihak, terutama para kepala opd,camat,kepala desa,Kepala Puskesmas,tim penggerak PKK yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan,” ujar Sekretaris Daerah Konawe Selatan ini.


Di kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Konawe Selatan, dr. Boni Lambang Pratama saat memberikan sambutannya pada Launching integrasi Layanan Kesehatan Primer di Desa Aepodu Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan, Sabtu (30/9/2023) lalu.


“Pelaksanaan kegiatan layanan primer ini merupakan upaya untuk mengkoordinasikan berbagai peran Kesehatan Masyarakat khususnya di Puskesmas dan Posyandu,” jelasnya Dokbon sapaannya.


Dokbon mengatakan pelaksanaan pelayanan dapat berkesinambungan konferensi dan berkualitas dan fokusnya pada seluruh siklus hidup atau cluster yang ada di masyarakat.


“Alhamdulilah, Kabupaten Konawe Selatan yang pertama melaksanakan integrasi nasional integrasi layanan primer. Kami berharap adanya kerjasama lintas sektor dan multi sektor melalui kegiatan integrasi layanan primer dengan dibentuknya pokjanal dan sasaran gerakan satu sehat,” ucapnya.


Dia menambahkan integrasi layanan primer merupakan wadah kita agar peningkatan kerjasama ini dapat lebih terjalin sehingga kualitas pelayanan di desa atau posyandu kita bisa lebih meningkat.

×
Berita Terbaru Update