Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Usai PHK Kariawan, PT IBM Tak Bayarkan Pesangon

Sabtu, 01 Oktober 2022 | Oktober 01, 2022 WIB Last Updated 2022-10-01T09:39:24Z

Foto : surat pemutusan Hubungan kerja (PHK)

 Konawe, Anoatribun.com - PT. IBM Logistic Nusantara, merupakan kontraktor kerja PT. OSS yang bergerak pada bidang logistik, belum lama ini melayangkan surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada salah satu karyawan yang bekerja di dalam perusahaan kontraktor tersebut.


Meski telah memutuskan hubungan kerja sama, mestinya pihak perusahaan berkewajiban membayarkan pesangon kerja sebagai mana diamanatakan UU Ketenagakerjaan Nomor 13 tahun 2003 pasal 156 ayat 1 menyebutkan bahwa "dalam hal pemutusan hubungan kerja, pengusaha diwajibkan membayar uang penghargaan masa kerja dan uang penggatian hak yang seharusnya di terimah". 


Namun hingga sampai saat ini pihak perusahaan belum juga menuaikan kebawajiban tersebut, malah terkesan PT. IBM tak mau mengambil pusing, dengan alasan pihak kariawan telah merugikan perusahaan karena mangkir dari jadwal pekerjaan.


"Kalau di PHK karna mangkir itu ngga pernah ada yang namanya pesangon," ungkap general Menejer PT IBM saat di konfirmasih lewat via WhatsApp. Rabu (21/09/2022) beberapa hari lalu. 


"Klo di PHK krn pengurangan karyawan, ada yg namanya pesangon," tambanya.


Sementara itu eks kariawan PT. IBM, Sapril yang di PHK, kepada media ini menceritakan alasan dirinya di PHK karena persoalan absensi yang dinilai kerap tidak masuk kerja beberapa kali, namun Sapril menipis jika keterangan absensi tersebut tidak lah benar karena sebagian absensinya terlebih pihaknya telah memintah ijin untuk urusan keluarga.


Sebelumnya Sapril usai menerima surat Pemutusan kerja tertanggal 16 September 2022 lalu. Dari pihak PT. IBM mengaku akan membayarkan pesangon kariawan itu. Namun sampai saat ini perusahaan tersebut masih terkesan bandel untuk menunaikan komitment itu.


"Itu sebenarnya sudah ada laporanku tapi tetap di kasih alpa juga. Mereka mau kasih hancur saya," beber Sapril, pada Jumat (1/10/2022).


Setelah melakukan konfirmasih kepada manajemen PT IBM eks kariawan tersebut menerimah laporan kalau pesangonnya hanya berjumlah 5 juta. Terahir 2 juta.

 

Dinilai dipermainkan oleh PT IBM Eks. kariawan ini tidak terimah atas atas perlakuan itu. Olehnya Sapril akan melakukan Pemalangan terhadap kendaraan PT. IBM, dirinya juga akan mengadukan hal ini kepada Disnaker.


Laporkan: tim

×
Berita Terbaru Update